BAB 1 Mengenal Internet dan Intranet

A.Pengertian Internet dan Intranet

Internet merupakan sarana untuk mencari informasi, komunikasi, hiburan, dan lainya. Internet merupakan hasil perkembangan teknologi manusia yang sangat berguna.

  1. Internet

Internet adalah singkatan dari Interconnected network,yaitu sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia.Internet digunakan sebagai sarana informasi dari satu komputer ke komputer yang lain tanpa dibatasi oleh  jarak fisik kedua komputer tersebut.

Semua orang mempunyai hak yang sama untuk mengakses internet dan tidak ada seorangpun yang menguasai internet.Oleh karena itu, internet dapat diakses dengan bebas tanpa terikat peraturan tertentu.

Internet merupakan sistem komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di seluruh dunia.Pada dasarnya, Internet merupakan jaringan komputer di seluruh dunia.Internet dapat diibaratkan seperti jarring laba-laba yang menyelimuti bumi dan terdiri atas titik yang berhubungan.Titik-titik tersebut dapat berupa laptop, komputer,ponsel dan peralatan lainya.

Untuk mendapatkan akses internet harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP).Dengan jasa ISP kamu akan mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan komputer dengan komputer server.Melalui komputer server kamu bisa terhubung dengan jaringan komputer sedunia (internet).

  1. Intranet

Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer local yang menggunakan  software internet dan protocol TCP/IP ata HTTP.Oleh karena itu, sebuah jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dll.

Jarinfan intranet merupakan jaringan internet yang hanya dimiliki  oleh kelompok atau perusahaan dan tidak bisa diakses oleh orang  lain.Intranet sangat mudah diterapkan,dipelajari dam dikonfigurasi ulang.Salah satu hal yang terpenting adalah keamanan jaraingan (network security) seperti firewall dan enskripsi.

Penggunaan intranet di dalam suatu perusahaan dapat mendatangkan beberapa keuntungan antara lain:

  1. Dapat menungkatakan produksi kerja
  2. Efisiensi waktu
  3. Komunikasi menjadi lancar
  4. Dapat meningkatkan operasional manajemen
  5. Memunculkan pemikiran perubahan budaya kerja yang lebih baik

 

B.Perbedaan dan Persamaan Internet dan Intranet

Berikut ini perbedaan internet dan intranet

Internet Intranet
Bersifat publik Bersifat pribadi
Digunakan oleh orang banyak Hanya digunakan oleh perusahaan atau kelompok
Dapat diakses oleh siapa saja Hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas
Informasi yang tersedia melimpah Informasi yang tersedia spesifik
Kumpulan dari LAN,WAN dan MAN Jaringan LAN,WAN,atau MAN

 

Berikut ini persamaan internet dan intranet.

Persamaan Internet dan Intranet
Sebuah sistem jaringan komputer yang menggunakan teknologi
Dapat digunakan berhubungan komputer
Menggunakan perangkat lunak protocol TCP/IP,dan HTTP

 

 

C.Perkembangan Internet

Munculnya internet dimulai dari Uni Sovyet pada tahun 1957, ketika mereka meluncurkan satelit Sputnik.Tapi, AS mengira Sputnik sebagai ancaman.Dan Presiden AS Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya perkembangan teknologi agar AS tetap menjadi negara superior.Kemudian dibentuklah ARPA (Advenced Research Projects Agency).ARPA bernaung dibawah Departement of Defense (DoD).

Pada 1969, DoD memberi tugas ARPA untuk membangun mata rantai komunikasi antara DoD dan militer yang disebut ARPAnet.Untuk kepentingan ARPAnet dibangun dengan tujuan untuk membuat suatu jarngankomputer yang tersebar dan menghindari pemutusan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi perang.Dengan ini diharapkan apabila satu bagian terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs saja, yaitu:

  1. Stanford Research Institute (SRI)
  2. University of California at Santa Barbara (UCSB)
  3. University of California at Los Angeles (UCLA)
  4. University of Utah

Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang terhubung dan menciptakan suatu jaringan dan dapat berkomunikasi.Tahun 1972, Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail.

Pada tahun 1970,sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.Tahun 1973, jaringan komputer ARPAnet mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.Pada tanggal 26 maret 1976, Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.Tahun 1988, Jarko Oikarinen dan Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.Tahun 1992 ,komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer,dan ditahun yang sama muncul istilah surfing the internet.Pada 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 halaman, pada tahun yang sama Yahoo! Didirikan dan kelahiran Netscape Navigator

Sementara itu, kita di indonesia baru bisa menikmati layanan internet komersial sekitar tahun 1994.sebelumnya,beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri.

D.Internet di Indonesia

Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun 1983 oleh Dr.Joseph F.P Luhukay di Universitas Indonesia,berupa UINet.Jaringan itu dibangun selama 4 tahun. Pada tahun yang sama Luhukay juga mulai mengembangkan University Network(UNINET) di lingkungan departemen pendidikan. Jaringan ini meliputi Universitas Indonesia,Institut Teknologi Bandung,Institut Pertanian Bogor,Universitas Gajah Mada, dan sebagainya.Sampai tahun 2009,Indonesia menempati peringkat ke 5 untuk kategori jumlah pengguna internet di Asia.Beberapa negara sudah membuat aturan yang berkaitan dengan hukum internet(cyberlaw. Indonesia baru mencoba menerapkan aturan perundang-undangan,yaitu HAKI.tanpa adanya HAKI,semua orang bisa dengan mudah mendownload file atau progam yang diinginkan dari internet.Oleh karena itu,terkadang kalian harus membayar saat mendownload file atau progam tertentu.

 E.Kegunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dengan menggunakan internet, maka dapat diperoleh berbagai keuntungan,antara lain adalah sebagai berikut.

  1. -Sarana mendapatkan informasi dengan cepat
  2. -Sarana komunikasi dengan biaya murah
  3. -Membentuk kelompok diskusi atau bisnis
  4. -Sarana promosi
  5. -Mencari lowongan kerja dan beasiswa
  6. -Sarana hiburan
  7. -Media pertukaran data

 F.Dampak Negatif Teknologi Internet

  1. Ancaman Virus,Trojan,dan Sejenisnya
  2. Ancaman Pencurian Data dan informasi
  3. Memasuki,memodifikasi,atau merusak situs web
  4. Menyabarkan budaya negatif secara luas